REFLEKSI TAHUN 2017 : Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia  

Kegiatan Prodi

       Perkembangan manusia dan teknologi tidak dapat dibendung, perkembangan teknologi akan memengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Sejak zaman pra sejarah pekembangan manusia dan dunia ini memiliki masa yang berbeda. Maka genarsi sekarang berbeda dengan generasi-generasi yang sudah lalu. Masa perkembangan manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi di mana dewasa ini belajar bukan hanya bisa dilakukan dan dilaksanakan di sekolah. Maka posisi peran sekolah dan komponen pendidikan harus terus berpacu agar tidak kalah atau malah berbanding terbalik dengan peran teknologi. Maka cara yang terbaik adalah terus belajar berpacu untuk meemnafaatkan serta maju lebih kedepan dengan mencari celah pemanfaatan dan tidak melepaskan fondasi budya bangsa.

        Di era modern ini, mulai bermunculan digital park sebagai tempat berkumpulnya para pegiat startup ekonomi digital untuk berkreasi, berinovasi, serta melakukan riset di bidang ekonomi digital. Nongsa Digital Park yang berlokasi di Batam digadang-gadang menjadi salah satu digital park yang paling diunggulkan di Indonesia. Pasalnya, dalam Nongsa Digital Park (NDP), tersemat studio besar sekelas Hollywood untuk pembuatan film dan animasi 3D. Dalam kunjungannya ke NDP Senin lalu (28/8), Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir juga menyampaikan antusiasmenya. “Dengan ada kawasan seperti ini tentu akan mendukung industri kreatif Indonesia. Disini bisa menjadi tempat yang sempurna para pegiat ekonomi digital mengembangkan bisnis dan mencari investor untuk teknologi yang dikembangkan,” tuturnya. (Belmawa Ristek Dikti).

     Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan menjadi media yang sangat interaktif untuk perkembanagn ilmu pengetahuan dan kemampuan peserta didik, kemampuan bahasa Indonesia tersebut harus disinkronkan melalui kepemahaman bersama bahwa bahasa Indonesia sebagai ilmu yang turut mrngungkap dan mengemabangkan kemampuan tehadap kemajuan peradaban manusia. Melalui pembelajaran dan kurikulum yang modern diharapakan akan memunculkan pembelajaran yang menarik. Mislalnya telah berkembang model pembelajaran landed lerning, kemudian di perguruan tinggi telah dikembangakan KKNI.

        Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FIP UTM melalui semangat kerja sinergitas dan pelayanan telah mencoba dan merancang kurikulum berorientasi Asia (Asia Tenggara). Tentunya tidak mudah, tantangan kedepan akan semakin banyak , maka dengan membaca situasi dews ini, program pengembangan kurikuum telah tertera dalam renstra Prodi PBI Tahun 2018-2022. Pengemangan kurikulum Prodi PBI dengan teknologi dan situasi memperkuat bahasa Indonesia dengan keilmuan kebahasaan akan terus digerakkan agar bahasa Indonesia memiliki peran yang utama dalam pekembanagan peradaban manusia khususnya bangsa Indonesia.

*Admin

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*