Selamat Datang Mahasiswa Baru

Kegiatan Prodi

Selamat Datang Mahasiswa Baru

PROGRAM STUDI PENDIIDKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

TAHUN 2018

Bangkalan, 15/08/2018

Berbuatlah dan siapkanlah masa depanmu

Bagi banyak mahasiswa masa masuk kuliah pertama adalah masa yang medebarkan, banyak pertanyaan yang ada dibenak calon mahasiswa baru. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana saya menjalani hari-hari perkuliahan selama saya belum tahu tentang lingkungan dan saya harus menjalani komuniasi di tempat saya yang baru.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sudah memasuki tahun ke-8, minat dan antusiasme mahasiswa semakin meningkat dengan semakin mapannya Prodi PBSI. Pada tahun ini Prodi PBSI menerima mahasiswa sejumlah 113. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, tantangan kedepan adalah mahasiswa tersebut harus mengikuti dinamika keilmuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan perkembangan lingkungan akademik.

Mahasiswa bar juga harus memahami Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PBSI serta profil lulusannya.

Visi Prodi PBSI FIP UTM

Unggul di bidang riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta mencetak tenaga pendidik dan peneliti berwawasan multikultural yang berbasis kearifan lokal pada Tahun 2024

Misi Prodi PBSI FIP UTM

  1. Mengembangkan riset bidang keilmuan bahasa, sastra, dan pengajarannya berlandaskan kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mencetak tenaga pendidik yang berpusat pada peserta didik, pemanfaatan teknologi, dan pengoptimalan potensi lokal.
  3. Menghasilkan peneliti dalam bidang kelimuan bahasa, sastra, dan pengajarannya yang berwawasan multikultural, berkearifan lokal, dan  IPTEK.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang berkearifan lokal.

Tujuan Prodi PBSI FIP UTM

  1. Menghasilkan riset bidang keilmuan bahasa, sastra dan pengajarannya yang berkomitmen pada profesi, bermoral, dan berkompeten dalam pembinaan/pengembangan bahasa dan sastra Indonesia  sesuai dengan tuntutan stake holders.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang mengusai bidang keilmuan, metodologi, dan teknik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dengan pemanfaatan teknologi, dan pengoptimalan potensi lokal.
  3. Mencetak peneliti dalam bidang kelimuan bahasa, sastra, dan pengajarannya yang berwawasan multikultural, berkearifan lokal, dan  IPTEK.
  4. Memberikan penyuluhan untuk menemukan solusi terhadap masalah di bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran berbasis hasil riset yang berkearifan lokal.

Profil Lulusan Prodi PBSI

  1. Pendidik pemula( tutor dan atau instruktur) Bahasa dan Sastra Indonesia pada jenjang pendidikan menengah.
  2. Peneliti pemula(pelaksana penelitian) Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Wirausahawanbidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.
  4. Pengajar atau instruktur BIPA(Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) berbasis kearifan lokal Madura.
  5. Pengajar Bahasa Madura

Terakhir, selamat berproses di kawah candradimuka akdemik Prodi PBSI, semoga selalau konsistem dalam menapaki perjuangan dalam menggapai cita-cita.

Admin.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*