KURIKULUM

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

 

Profil Lulusan Prodi PBSI

  1. Pendidik pemula( tutor dan atau instruktur) Bahasa dan Sastra Indonesia pada jenjang pendidikan menengah.
  2. Peneliti pemula (pelaksana penelitian) Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Wirausahawan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.
  4. Pengajar atau instruktur BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) berbasis kearifan lokal Madura.
  5. Pengajar Bahasa Madura
CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME) PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
A. SIKAP
1 Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
6 Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9 Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang  pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri; dan
11 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan  kewirausahaan.
B. PENGETAHUAN
1 Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan  bahasa dan sastra;
2 Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan;
3 Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan  sastra;  dan
4 Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
5 Menguasai konsep teori ke-BIPA-an yang berkearifan lokal Madura
6 Menguasai konsep dasar bahasa Madura
 
C. KETERAMPILAN UMUM
1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam  pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan pengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan  melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri; dan  
9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
D. KETERAMPILAN KHUSUS
1 Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan  tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu  menggunakan salah satu bahasa daerah (Madura);
2 Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi  karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;
3 Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
4 Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui  pendekatan secara terintegrasi; dan  
5 Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya
E. KOMPETENSI PENDUKUNG
1 Mampu menerapkan prinsip pengajaran BIPA berbasis kearifan lokal Madura
2 Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa Madura

Kurikulum Bahasa Sastra Indonesia 2017-2018